Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Minggu Malam Beberapa Desa di Kecamatan Cipongkor dan Rongga Diterjang Banjir Bandang


 FRN Bandung Barat, - Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan bencana banjir bandang dan longsor di Kecamatan Cipongkor dan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada minggu malam (24/3/2024).

Terpusat di bantaran sungai Cijambu, luapan air sungai tersebut menerjang beberapa desa yang posisinya berdekatan dengan bantaran sungai itu. Sontak, hal itu dampaknya terhadap masyarakat sekitar turut kena imbas.

Diketahui dari himpunan informasi pemicu banjir bandang tersebut diakibatkan meluapnya sungai Cijambu setelah kawasan itu diguyur hujan lebat, luapan air merusak sawah, pemukiman warga dan merusak jembatan di Desa Cibenda, Sirnagalih, Baranangsiang dan Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor dan Desa Cibitung dan Sukaresmi Kecamatan Rongga.

Secara pasti belum diketahui jumlah korban dan dampak kerusakan itu, namun hingga Senin (25/3/2024) dini hari, terdapat satu warga yang masih terjebak dalam reruntuhan bangunan.

Poses evakuasi juga mitigasi terus dilakukan pihak tim penyelamat hingga hujan reda dan pembersihan puing-puing serta sampah dirumah warga,  juga warga yang terdampak sementara dievakuasi ke tempat perlindungan sementara sebagai upaya pertama.

Pantauan sementara dari beberapa narasumber mengatakan  warga beberapa jembatan yang melintang diatas sungai Cijambu rusak berat terseret arus banjir bandang.

Selain itu rumah di desa Sirnagalih terendam, puluhan hektar sawah dan jembatan di sepanjang Sungai Cijambu rusak berat.

Berikut laporan sementara data korban serta kerusakan kejadian bencana longsor dan banjir bandang di wilayah Kecamatan Cipongkor.

Banjir Bandang di Desa Sirnagalih : 2 Jembatan penghubung antar Desa Sirnagalih Cijambu terputus.

Wilayah Kp Ciawi : terendam, banjir dengan ketingggian air kurang lebih 3 M, 1 korban dilarikan ke RS karena terendam.

Desa Cibenda : Longsor kp. Gintun kurang lebih 30 bangunan tergusur dan tertimpa tanah Korban jiwa 1 orang Anak usia 6 tahun belum ditemukan, 1orang Dewasa masih dalam evakuasi penyelamatan dari timbunan longsor. 

(Yusuf). 

Posting Komentar

0 Komentar