Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Viral 'Pulau Sampah' Sungai Citarum di Bandung Barat, Kini Dibersihkan

Sampah Masih Mengotori Aliran Sungai Citarum KBB

FRN KBB, - Viral aliran Sungai Citarum di Kabupaten Bandung Barat (KBB), tertutup sampah dan enceng gondok berbentuk pulau sepanjang 3 kilometer. Usai viral, kini perlahan-lahan sampah tersebut dibersihkan.

Dilansir detikJabar, pemerintah Provinsi Jawa Barat bergerak untuk menangani sampah yang sempat viral beberapa waktu lalu. Diketahui, Sungai Citarum sempat tertutupi pulau sampah dengan panjang 3 kilometer dengan lebar 60 meter. Diperkirakan ada 200 ton sampah yang mengambang.

"Kemarin itu kondisinya (Sungai Citarum) kan tertutup sampah ya, untuk hari ini alhamdulillah karena ada hujan, airnya agak naik jadi sampah terdorong ke hilir," kata petugas BBWS Citarum, Irma Sjofandie, Kamis (13/6/2024).

Terlihat petugas BBWS Citarum, Satgas Citarum Harum, DLH Provinsi Jawa Barat, dan petugas lainnya terus melakukan pengangkatan sampah yang mengambang di aliran sungai. Pembersihan sampah ini menggunakan alat berat.

"Tetap penanganan pengangkatan dilakukan terus. Kita lakukan secara manual (menggunakan perahu) dan alat berat beko dari Satgas Citarum Harum Sektor 9. Kemudian ada kendaraan amfibi BBWS Citarum juga," kata Irma.

Sementara itu, 200 ton sampah yang diangkut secara berkala dari badan Sungai Citarum tersebut, kemudian bakal dibuang ke TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. "Memang biasanya juga sampah dari sana (Sungai Citarum) dibuang kesini, termasuk yang sekarang. Sebanyak apapun, memang tetap kita tampung," kata Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Zidni Ilman.




(Lis).

Posting Komentar

0 Komentar