Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Tes Mutu Siswa, MA Alfarisy Cibabat Laksanakan Asesmen Madrasah


 FRN (CIMAHI) Madrasah Aliyah Alfarisy melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) pada, Selasa (19/03/2024). Lokasi MA Alfarisy terletak di jalan Cihanjuang 237, kelurahan Cibabat, kecamatan Cimahi utara, Kota Cimahi.

Terkonfirmasi, siswa yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 15 orang dan dari 15 orang itu sendiri mayoritas warga Kabupaten Bandung Barat Kota Bandung dan Cimahi.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan kepala Madrasah Aliyah Al farisy. H.M.Soparudin S.Ag. M.Pd, saat ditemui diruang kerjanya.

Soparudin menjelaskan asesmen madrasah merupakan program penilaian mutu pendidikan madrasah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan diselenggarakannya Asesmen Madrasah adalah mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan.

"AM dilakukan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang implementasinya diadakan ujian madrasah atau sekolah dalam rangka akhir daripada pembelajaran kelas 12 yang mana pada sebelum-sebelumnya ada istilah yang namanya UN atau Ujian Nasional, berubah lagi menjadi ANBK, dan sekarang berubah menjadi AM," urainya.

Menurut Soparudin, esensi asesmen madrasah adalah upaya untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik hasil siswa atau mahasiswa dalam mata pelajaran atau mata kuliah terhadap tujuan atau capaian pembelajaran tertentu.

"Istilah yang sekarang AM atau yang disebutkan asesmen madrasah, banyak yang tidak mengetahui arti daripada asesmen itu sendiri, jangankan anak sekolah atau anak didik guru, yang sudah lama pun waktu ditanya apa itu asesmen kebanyakan tidak tahu," tuturnya.

Lebih rinci ia memaparkan Asesmen madrasah merupakan proses pengumpulan dan pengelolaan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah, pelaksanaan asesmen madrasah di MA Alfarisy  berjalan lancar. Seluruh siswa hadir dan terlihat tenang dalam mengerjakan soal-soal," ujar Soparudin.

Pada kesempatan yang bersamaan hadir monitoring Kasipenmad Kementerian Agama kota Cimahi, H.Agus Salman M.Ag. ia menghimbau serta mengharapkan kepada Kamad dan Guru Alfarisy supaya pada PPDB 2024 ada peningkatan terhadap jumlah siswa berbeda dari yang sebelumnya.

Juga, Agus mengatakan asesmen madrasah adalah selain sebagai parameter terhadap hasil belajar peserta didik juga untuk perbaikan pembelajaran serta merupakan salah satu syarat penentuan kelulusan."

"Saya berharap kegiatan asesmen madrasah ini berlangsung lancar dan selanjutnya terdapat hal yang dapat dipetik untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan di MA Alfarisy," tutupnya. (Yusuf)

Posting Komentar

0 Komentar