Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Amankan Arus Balik, Polres Cimahi Kerahkan Anjing Pelacak di Rest Area

Polres Cimahi mengerahkan anjing pelacak dari unit K-9 untuk mengamankan arus balik lebaran di rest area. 

FRN Cimahi, - Polres Cimahi mengerahkan anjing pelacak dari unit K-9 untuk mengamankan arus balik lebaran. Rest area Tol Cipularang KM 125 menjadi salah satu titik yang disiagakan dengan anjing pelacak.

Kasat Sabhara Polres Cimahi, AKP Duddy Iskandar mengatakan bahwa penggunaan anjing pelacak ini merupakan langkah untuk mempertebal sistem pengamanan khususnya arus balik lebaran.

"Jadi untuk mengamankan jalannya arus balik, selain menyiagakan personel Sat Sabhara, kami juga terjunkan anjing pelacak," kata Duddy melalui sambungan telepon, Minggu 14 April 2024.

Secara teknis, lanjut Duddy, anjing pelacak akan digiring untuk mengendus kendaraan-kendaraan di sekitar rest area.

Dengan penciuman yang terlatih, anjing-anjing pelacak tersebut diharapkan bisa mengidentifikasi benda-benda mencurigakan yang luput dari pengawasan polisi.

Menurutnya, pelibatan unit K-9 itu sebagai upaya antisipasi potensi gangguan keamanan sekecil apapun.

"Unit K9 bisa menyisir dan mencium benda-benda mencurigakan yang sekiranya luput dari pantauan personel kami. Pengamanan bisa berkali lipat dari biasanya karena adanya.

Duddy menuturkan, anjing pelacak akan terus disiagakan hingga puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada hari ini.

"Kita siagakan sampai arus balik mudik ini selesai, karena puncaknya diprediksi terjadi besok sampai malam hari," tuturnya.

Duddy menambahkan, penggunaan anjing pelacak di wilayah hukum Polres Cimahi merupakan langkah untuk memaksimalkan sistem pengamanan.

Pihaknya telah menggunakan anjing pelacak untuk mengamankan sejumlah lokasi seperti objek wisata di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak hari H Idulfitri.

"Kita sempat juga lakukan patroli objek wisata dengan melibatkan anjing pelacak. Semuanya terkendali, bahkan akhirnya banyak wisatawan yang ingin berfoto dengan anjing pelacak kami," pungkasnya.



(TIM/RED).   

Posting Komentar

0 Komentar