Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Politisi PKS Bagja Setiawan Siap Tarung di Pilkada Bandung Barat, Tinggal Tunggu Restu DPP

Politisi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Bagja Setiawan siap bertarung di Pilkada Bandung Barat tahun 2024 

FRN KBB, - Politisi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Bagja Setiawan siap bertarung di Pilkada Bandung Barat tahun 2024. Ia menjadi satu dari tiga orang nama kader PKS yang lolos dalam tahap penjaringan internal. 

Diketahui, PKS telah melakukan penjaringan internal bakal calon bupati untuk Pilkada Bandung Barat sejak jauh-jauh hari. Partai ini sudah menetapkan tiga orang kadernya untuk Pesta Demokrasi di tingkat daerah. Ketiga nama itu yakni Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat Bagja Setiawan, Anggota Komisi 3 DPRD Jabar, Aep Nurdin, serta Dikdik Agus Triwiyono.

"Berdasarkan penjaringan sudah ada tiga termasuk saya. Insyaallah ini harus pertimbangan matang partai dari faktor popularitas atau tingkat keterkenalan, akseptabilitas (diterima) dan elektabilitas (dipilih)," papar Bagja saat ditemui, Kamis 18 April 2024.

Bagja mengatakan dirinya selalu siap jika ditunjuk dan ditugaskan partai untuk berlaga di Pilkada Bandung Barat. Adapun kepastian namanya ditunjuk partai melalui surat keputusan (SK) DPP PKS baru akan ditetapkan akhir Mei 2024.

"Siap, saya selalu siap kalau ditugaskan partai. Tapi kan nama hasil penjaringan ada 3 orang. Nah nanti kepastiannya tunggu SK DPP," tambahnya.  

Berdasarkan peraturan Pemilu, pencalonan kepala daerah bisa dilakukan oleh minimal 20 persen dukungan dari jumlah kursi di parlemen. Jika dilihat dari perolehan suara Pileg 2024 seluruh partai di Bandung Barat mesti berkoalisi karena tidak ada yang meraup 20 persen suara di parlemen. 

Bagja menjelaskan, upaya komunikasi politik telah dilakukan PKS dengan berbagai partai untuk membangun koalisi guna mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Kita sudah menjajaki komunikasi dengan beberapa partai untuk berkoalisi. Setelah itu, baru nanti ke tahap lebih serius dengan membahas usungan nama. Sehingga SK DPP PKS pun bukan untuk satu orang saja, tapi pasangan calon bupati dan wakilnya berdasarkan kesepakatan koalisi," tambahnya. 

Bagja menjelaskan PKS akan berupaya untuk melakukan percepatan pembentukan koalisi. Agar seluruh persiapan bisa dijalankan secara matang. Jika melihat tahapan Pilkada Serentak, dirinya menargetkan pembentukan koalisi dan paket nama bakal calon akan rampung akhir Mei 2024.

"PKS ingin jadi partai yang melakukan percepatan pembentukan koalisi. Insyaallah akhir Mei sudah ada keputusan," tandasnya. 






(TIM/RED).    

Posting Komentar

0 Komentar