Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Sesar Lembang Mengancam, Rumah di Bandung Bisa Rata dengan Tanah

Foto: Kerusakan Gempa dengan magnitudo 4,9 yang mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Senin (10/30) pukul 17.18 WIB. (Dok. BNPB)

FRN BANDUNG, - Gempa sepanjang Sesar Lembang bisa membuat rumah di wilayah Bandung hingga Purwakarta rata dengan tanah. Sesar Lembang yang panjangnya mencapai 30 km berpotensi gempa hingga magnitudo 6,8.

Dalam acara diskusi bertajuk Pemetaan Sesar Pulau Jawa serta Mitigasi Risiko Bencana Geologi, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG Rahmat Triyono mengungkap hasil permodelan gempa di akibat pergeseran Sesar Lembang.

"Kami skenariokan kedalaman [pusat gempa] 10 km, dampaknya kalau terjadi di Bandung Barat, Kota Cimahi, Bandung, Purwakarta dengan skala MMI adalah VI sampai VII," kata Rahmat.

Pada rentang skala MMI tersebut, bangunan di wilayah sekitar sesar gempang harus tahan gempa.

"Dampaknya kerusakan sedang dengan catatan bangunannya ini memenuhi kaidah yang semestinya, maksudnya ada kolom, ada struktur, dan lain sebagainya. Tapi kalau tidak ada struktur, tentunya dengan VI-VII MM ya sudah rata dengan tanah ini," kata Rahmat.

Peneliti di Pusat Riset Kebencanaan Geologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nuraini Rahma Hanifa mengatakna bahwa potensi kerusakan parah di sekitar Sesar Lembang terkait dengan kondisi geologi. Menurut dia, tanah di sekitar wilayah tersebut tergolong lunak. 

"Walaupun Sesar Lembang dengan Kota Bandung jaraknya lebih dari 7 km, tetapi bisa jadi yang berada di Kota Bandung ini merasakan goncangan yang sangat kuat karena dia berada di atas tanah yang lunak, katanya seperti dikutip dari CNN Indonesia.



(TIM/RED).  


Posting Komentar

0 Komentar