Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Pengukuhan Pengurus Himpunan dan Koordinator UMKM Kecamatan Cimahi Utara, Dikdik Harapkan Para UMKM Manfaatkan Teknologi Digitalisasi

Sekda Cimahi Dikdik S. Nugrahawan (tengah kiri) bersama Sekcam Cimahi Utara Yuyus Supriatna (tengah kanan), Lurah Citeureup Rusli Sudarmaji (kanan kedua), Lurah Cibabat Faisal (kiri kedua), Lurah Cipageran Tirman Witrarlan (kiri), dan perwakilan Lurah Pasirkaliki (kanan) memperlihatkan berita acara yang telah ditandatangani bersama

FRN CIMAHI, - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan, S.Si, MM, menghadiri sekaligus menyaksikan Pengukuhan Pengurus Himpunan dan Koordinator UMKM Kecamatan Cimahi Utara Masa Bakti 2024-2029, di Convention Hall Cimahi Technopark, Jalan Baros Cimahi Selatan, Sabtu (8/6/2024).

Acara tersebut dihadiri Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disdagkoperind Kota Cimahi Emir Faisal, Ketua Himpunan UMKM Kota Cimahi Dani Hamdani, SE, Camat Cimahi Utara yang diwakili Sekretaris Camat Cimahi Utara Yuyus Supriatna, para Lurah se Kecamatan Cimahi Utara, dan para tamu undangan lainnya.

Sekda Kota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan sangat mengapresiasi atas terbentuknya Pengurus Himpunan dan Koordinator UMKM Kecamatan Cimahi Utara,

"Dengan adanya kepengurusan ini diharapkan UMKM Kota Cimahi dapat lebih maju," ujar Dikdik.

Menurutnya, hal tersebut sangatlah penting untuk menjadikan Cimahi sebuah kota yang maju.

"Karena UMKM sebagai kekuatan ekonomi yang menyebar dan merata. Selain itu, UMKM juga sebagai salah satu kekuatan ekonomi negara," ucap Dikdik kembali.

Seiring dengan perkembangan zaman, Dikdik berharap UMKM ini dapat tumbuh dan berkembang secara progresif untuk bisa lebih berkontribusi di dalam memajukan ekonomi masyarakat.

"Adanya perkembangan teknologi, maka para UMKM dituntut untuk dapat memahami dan memanfaatkan teknologi digitalisasi dalam pengembangan usahanya," imbuhnya.

Pemerintah Kota Cimahi sendiri, kata Dikdik, sudah menyiapkan program-program pelatihan bagi para UMKM yang belum memahami tentang teknologi digitalisasi ini.

"Kalau kita sudah mengenal dan memahami teknologi digital ini, para UMKM dapat membuat market tersendiri, karena market place itu sebetulnya mudah, tinggal bagaimana caranya kita untuk menarik minat masyarakat terhadap produk yang kita hasilkan," terangnya.

Pemerintah juga sangat menginginkan UMKM Kota Cimahi ini tumbuh dan berkembang, maka pihaknya lakukan upaya-upaya penetrasi pasar dan juga membangun komunikasi dengan pihak terkait untuk dapat menyalurkan produk UMKM ini.

Selain daripada itu, diharapkan pula oleh Dikdik, para UMKM ini untuk dapat lebih menciptakan karya yang inovatif dan kreatif.

"Meskipun Cimahi ini kecil, tapi kita harus bisa menunjukkan eksistensi kita dalam berkarya sehingga Cimahi ini dapat dipandang sebagai suatu kota yang memiliki keunggulan dari sisi potensi sumber daya manusia," tandasnya.

Sementara, Dani Hamdani selaku Ketua Himpunan UMKM Kota Cimahi, mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan UMKM Kecamatan Cimahi Utara Masa Bakti 2024-2029.

"Semoga dengan terbentuknya kepengurusan UMKM Kecamatan Cimahi Utara ini dapat memperkuat Himpunan UMKM Kota Cimahi dalam meningkatkan kapasitas para pelaku usaha di Kota Cimahi khususnya para UMKM," ucap Dani.

Dijelaskannya, Himpunan UMKM sendiri baik kota maupun wilayah telah proaktif membantu Pemerintah Kota Cimahi dalam menjalankan program-program pemerintah kota.

"Diantaranya pendampingan wirausaha baru se Kota Cimahi, pendampingan dari 15 kelurahan, kemudian ada juga UMKM Naik Kelas, dan yang terakhir kita berperan aktif membantu suksesnya program OPOR (One Product One RW)," terang Dani.

Jadi, dengan adanya himpunan ini, Dani mengajak para UMKM di Kota Cimahi untuk bersama-sama mengembangkan usahanya.

"Mari kita berjuang bersama-sama memajukan usaha kita dengan bergabung bersama kami Himpunan UMKM Kota Cimahi," pungkasnya.

Begitu pula diungkapkan oleh Ketua Himpunan UMKM Kecamatan Cimahi Utara Shelpy Putri Budi Artina yang akrab dipanggil Teh Vi ini, menjelaskan bahwa dibentuknya kepengurusan Himpunan dan Koordinator UMKM Kecamatan Cimahi Utara ini, dilatarbelakangi oleh adanya keluhan dari para UMKM tentang sistem informasi pelatihan atau fasilitas dari dinas yang belum tersampaikan secara menyeluruh.

"Dimulai dari perizinan, bantuan permodalan, bantuan fasilitas Halal, HAKI, dan lain-lain itu diharapkan dapat merata ke semua wilayah di Cimahi Utara," ucap Vi.

Selain itu, dengan terbentuknya kepengurusan ini, diharapkannya pula seluruh informasi dari dinas maupun dari kecamatan, semua warga Cimahi Utara mendapatkan akses informasi tersebut.

"Jadi, mudah-mudahan kedepannya UMKM Cimahi Utara lebih keren lagi, lebih solid dan lebih maju lagi, dan bisa menghasilkan produk yang konsisten dengan produksi yang mereka buat, juga dapat lebih memasarkan produknya," ungkap Vi.


(Sinta).

Posting Komentar

0 Komentar