Hot Posts

6/recent/ticker-posts

DLH Kota Cimahi Jalin Kerja Sama dengan Baznas untuk Apresiasi Pekerja THL

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Chanifah Listyarin


FRN CIMAHI.- Dalam rangka mengisi Ramadan dengan lebih berkah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menjalin kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk memberikan apresiasi kepada para pekerja Tenaga Harian Lepas (THL) yang bertugas di lingkungan DLH.

Apresiasi tersebut berbentuk paket sembako yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, didanai dari Dana APBD, serta bantuan dari Baznas Kota Cimahi. 

Paket sembako ini diberikan kepada 291 pekerja THL, yang sebagian besar merupakan pengangkut sampah dan penyapu jalan.

Selain kegiatan apresiasi kepada para pekerja THL, Dinas Lingkungan Hidup juga melaksanakan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan sosial kepada anak yatim piatu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengungkapkan bahwa jumlah pekerja Tenaga Harian Lepas (THL) di DLH jauh lebih banyak daripada Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Ia menyatakan bahwa keberadaan pekerja THL sangat membantu dalam menjalankan aktivitas di DLH.

“Jumlah THL itu lebih banyak dari pada PNSnya, jadi kami merasa sangat terbantu sekali oleh para THL karena adanya kolaborasi dalam melakukan segala kegiatan,” ungkap Chanifah saat ditemui di Aula Gedung A Pemkot Cimahi pada Kamis (28/03/24).

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa kegiatan ini hanya dilakukan selama bulan Ramadan. Namun, di luar Ramadan, mereka memberikan bantuan tambahan berupa makanan sehat, vitamin, dan susu kepada para pekerja THL. 

Hal ini dilakukan karena para pekerja THL berhubungan langsung dengan lingkungan yang kurang bersih, di mana terdapat banyak bakteri dan sebagainya.

Sementara itu, terkait dengan masalah penumpukan sampah menjelang atau sesudah hari raya, pihak DLH mengambil langkah antisipatif dengan mengatur penjadwalan pengelolaan sampah jika terjadi penumpukan akibat limbah rumah tangga.

Kami mengambil langkah-langkah antisipasi karena menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah tidaklah memungkinkan,” tambah Chanifah. “Ide jangka pendeknya adalah bagaimana agar sampah rumah tangga cepat terangkut.”

Sementara itu, terkait pembuangan sampah ke PSA Sari Mukti, berdasarkan informasi dari Dinas Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi masih memenuhi kuota yang cukup untuk pembuangan sampah di tempat tersebut.

Harapannya, dengan pemberian apresiasi kepada para pekerja THL ini, diharapkan kinerja para tenaga kerja dapat meningkat karena mereka merasakan adanya perhatian dan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup.

“Harapan saya adalah agar kinerja mereka meningkat dengan adanya pemberian apresiasi ini, karena hal ini menunjukkan adanya rasa kepedulian dari kami,” tutupnya.

(AS). 

Posting Komentar

0 Komentar