Hot Posts

6/recent/ticker-posts

7 Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis, Kenali Supaya Lebih Awet


FRN Bandung, - Baterai adalah sumber daya utama pada HP agar bisa tetap menyala dan berfungsi sebagaimana untuk mengakses informasi, berkomunikasi, dan berbagai hal lainnya.

Akan tetapi, jika kesehatan baterai mulai menurun dan baterai cepat habis pasti akan terasa mengganggu pada penggunaan HP. Kesehatan baterai adalah alasan paling umum yang menjelaskan mengapa baterai kita cepat habis.

Namun, ada juga alasan pemakaian lain yang mendorong konsumsi baterai HP kita sehingga cepat habis. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa baterai HP cepat habis.

Beberapa Penyebab Baterai HP Cepat Habis
Saat baterai HP kamu cepat habis, coba telusuri beberapa kemungkinan penyebabnya berikut ini.

1. Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang memungkinkan HP untuk tetap menjalankan program aplikasi walaupun kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Namun, menjalankan terlalu banyak aplikasi di latar belakang dapat membuat HP bekerja lebih keras sehingga menguras baterai HP kamu secara signifikan.

Oleh karenanya jangan lupa untuk menutup aplikasi yang tidak diperlukan guna menjaga konsumsi baterai tidak terlalu tinggi.

2. Pengaturan Kecerahan Layar Tinggi

Kecerahan layar HP terlalu tinggi merupakan salah satu alasan umum mengapa konsumsi baterai tinggi dan membuat baterai HP cepat habis.

Terutama jika sering menggunakan HP di luar ruangan, itu akan membutuhkan kecerahan yang tinggi agar layar HP tetap terlihat.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan dark mode sehingga akan mengganti warna putih pada layar menjadi hitam. Cara ini cukup signifikan untuk mengurangi konsumsi daya baterai. Kecerahan layar juga sebaiknya diatur secukupnya sesuai kondisi supaya baterai HP kamu lebih irit.

3. Mode Picture-In-Picture

Alasan selanjutnya yaitu sering melakukan mode Picture-in-Picture atau jendela kecil melayang.

Mode ini memang sering digunakan agar kita lebih multitasking dan bisa mengerjakan 2 hal sekaligus. Akan tetapi, konsumsi daya baterai juga akan lebih tinggi sehingga baterai HP lebih boros dan lebih cepat habis.

4. Menyalakan HP di Daerah Susah Sinyal

Menyalakan HP di daerah dengan sinyal yang lemah atau tidak ada sinyal sama sekali dapat membuat baterai boros karena ponsel akan terus melakukan proses pemindaian untuk mencari sinyal yang kuat atau mencoba terhubung ke jaringan yang tersedia.

Proses ini memerlukan penggunaan daya yang signifikan karena ponsel berusaha menjaga koneksi atau mencari sinyal yang dapat digunakan. Akibatnya, baterai akan habis lebih cepat.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan mode pesawat sehingga HP tidak terus mencari sinyal dan baterai kamu akan lebih irit.

5. Menyalakan Aplikasi Pencari Lokasi

Menyalakan lokasi membutuhkan daya baterai karena ponsel terus memindai sinyal untuk mengetahui lokasi berada.

Ini juga mencakup aplikasi yang menyediakan fitur tertentu seperti peta, informasi cuaca lokal, atau rekomendasi tempat di sekitarmu.

Oleh karena itu jika kamu tidak terlalu membutuhkan aplikasi tersebut, lebih baik dimatikan saja untuk menghemat daya baterai.

6. Terlalu Banyak Notifikasi

Ketika kamu baru menginstal aplikasi baru, mungkin notifikasi aplikasi akan otomatis diaktifkan. Notifikasi akan terus aktif walaupun HP dalam kondisi tidur terutama jika data seluler terus menyala. Hal tersebut akan menguras baterai.

Oleh karena itu kamu perlu membatasi notifikasi dari aplikasi yang tidak terlalu penting. Selain agar tidak mengganggu, hal ini juga akan mengurangi daya konsumsi baterai.

7. Malware

Hal terakhir yang mungkin menjadi alasan kenapa baterai HP kamu cepat habis adalah terjangkit virus malware.

Ini bisa terjadi karena malware berjalan di latar belakang, memantau aktivitas, melakukan fungsi jarak jauh, atau mencuri data, ini mempengaruhi daya tahan baterai perangkat.

Oleh karena itu, kamu perlu lebih berhati-hati dalam mengakses website atau mengunduh aplikasi. Kamu bisa mengandalkan antivirus untuk mengurangi resiko ini.

Terlebih lagi, dilansir dari Make Us Of (28/8/2023), yang lebih berbahaya dari malware bukan sekedar konsumsi daya baterai melainkan pencurian data penting yang ada di dalam perangkatmu.

Nah, itu dia beberapa hal yang kemungkinan menjadi alasan kenapa baterai HP cepat habis. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan baterai sehingga baterai HP kamu jadi lebih awet.



(TIM/RED).   

Posting Komentar

0 Komentar