Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Erupsi Gunung Ruang di Sulut Kini Berstatus Awas, Berpotensi Tsunami

Erupsi eksplosif yang terjadi pukul 00.38 Wita pada Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu. 

FRN Jakarta, - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) kini statusnya menjadi level IV atau awas. Diketahui ratusan warga sudah mengungsi akibat erupsi ini.

"Tingkat aktivitas G. Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dinaikkan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas)," tulisnya di postingan Instagram @pvmbg_, Rabu (17/4/2024).

Lalu, masyarakat juga diimbau untuk tidak berada di radius 6 km dari Gunung Ruang. Adapun warga di Pulau Tagulandang juga diimbau untuk evakuasi ke tempat aman.

"Masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari putat kawah aktif G. Ruang," katanya.

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km," tambahnya.

Selain itu, erupsi ini juga berpotensi tsunami. Hal itu diakibatkan oleh runtuhan tubuh gunung ke laut.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut," katanya.




 
(TIM/RED).   

Posting Komentar

0 Komentar