Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Pendaki Gunung Bertemu Burung Garuda, Warganet: Kukira Hanya Mitos

Pendaki gunung bertemu dengan burung yang diyakini jadi inspirasi Garuda Pancasila. (Instagram/@nature.wanderer.id)   

FRN Jakarta, - Viral seorang pendaki gunung bertemu burung Garuda di hutan. Informasi itu membuat warganet heran benarkah burung Garuda yang menjadi lambang negara Indonesia benar-benar ada?

"Hoki seumur hidup, pendaki gunung ini berjumpa dengan ikon negara Indonesia, burung Garuda di salah satu gunung di daerah Jawa," tulis informasi yang ada dalam video di akun Instagram @nature.wanderer.id, Kamis (16/5/2024).

Informasi itu membuat warganet terkejut. Apalagi dalam video itu ditampilkan foto lain burung itu membentangkan sayapnya yang nyaris mirip dengan Garuda Pancasila.

"Ku kira Garuda itu hanya mitos," ungkap pemilik akun Instagram @lilylhs***.

"Sudah dihitung belum jumlah bulu bagian lehernya yang 45, bagian ekornya delapan, bagian sayapnya 17," kata pemilik akun Instagram @hesthidh*** penasaran.

Namun,  informasi yang menyebutkan pendaki gunung bertemu burung Garuda tidak benar. Nyatanya burung yang terekam dalam video itu adalah Elang Jawa (nisaetus bartelsi). Elang Jawa merupakan spesies elang berukuran sedang dari keluarga accipitriadae dan genus nisaetus yang merupakan endemik di Pulau Jawa.

Elang ada yang memiliki tubuh sedang sampai besar dengan panjang tubuh 60-70 cm. Sedangkan kepala berwarna cokelat kemerahan (kadru), dengan jambul tinggi menonjol, dan tengkuk cokelat kekuningan.

Fakta menariknya satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Hanya saja belum ada kutipan akademik yang memastikan Sultan Hamid II menjadikan Elang Jawa sebagai inspirasi membuat Garuda Pancasila.



(TIM/RED).   

Posting Komentar

0 Komentar