Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Rakor Dewan Smart City Sekda Kota Cimahi: Perlu Dukungan Seluruh Pihak Untuk Mengimplementasikan Smart City


FRN CIMAHI, - Sekretaris Daerah Kota Cimahi H.Dikdik S Nugrahawan  membuka Rapat Koordinasi ( Rakor) Dewa Cimahi Smart City di Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (27/052024).

Konsep Smart City atau Kota cerdas adalah suatu konsep dalam pengelolaan kota yang cerdas secara efisien dan efektif untuk memberikan layanan yang terbaik bagi penduduknya, kata Sekda Kota Cimahi H Dikdik S Nugrahawan dalam sambutannya.

"Proses pembangunan smart city usaha yang memerlukan waktu dan tidak seketika sehingga diperlukan komitmen dan perencanaan yang matang, harus dilakukan secara kontinu, bertahap dan bersifat multisektoral, diperlukan perencanaan berjangka waktu dan terintegrasi yang dituangkan dalam bentuk dokumen master plan Semar City, ucap Dikdik.

Dikdik memaparkan. Solusi yang inovatif dan kolaboratif merupakan langkah percepatan pembangunan yang didukung melalui 6 dimensi smart city yaitu:

1 - Smart governance.

2 - Smart Branding.

3 - Smart Economy.

4 - Smart Living.

5 - Smart Society dan.

6 - Smart Environment, paparnya.

"Adapun pemanfaatan E- Government dalam mewujudkan Smart governance ( tata kelola pemerintahan yang cerdas) menurut Dikdik, langkah cerdas yang penuh inovatif yang harus dilakukan oleh Kota Cimahi, ujarnya.

Dikdik menjelaskan, berbagai inovasi berbasis digital pun diciptakan walaupun tidak semua permasalahan smart city dapat diselesaikan dengan teknologi, sambutannya.

"Kota Cimahi telah mengimplementasikan berbagai inovasi kolaboratif sebagai dari program smart city, pada Smart Governance Misalnya yaitu, dilakukan pembangunan portal layanan publik (Polakami) berbasis single sing on yang mengintegrasikan seluruh aplikasi layanan publik dalam satu portal layanan dengan akun tunggal, bisa memudahkan masyarakat untuk mengakses aplikasi layanan publik. Kompetisi Cimahi motekar award ( Chima Award) dengan smart city menentukan kategori inovasi berdasarkan sasaran dan dimensi smart city.

Melalui kompetisi Dikdik berharap inovasi-inovasi dari masyarakat akademisi maupun ASN dapat ditangkap oleh perangkat daerah sebagai peluang untuk dijadikan kegiatan.

"Pada Smart branding beberapa bulan yang lalu Kota Cimahi sudah memancing tempat wisata yaitu ekowisata Cimahi Campernik lupakan bukti semangat dan kolaborasi kebersamaan dapat menggali potensi wisata dan melestarikan kearifan lokal.

Tahun ini Kota Cimahi sudah memiliki city branding dengan tagline "Cimahi Campernik" yang mendukung warga Cimahi secara aktif dan kreatif menjadi kota yang maju, unggul dan berkelanjutan.

"Smart Economy Yaitu: inovasi Cimahi maker space yang ada di Cimahi techno Park hasil kolaborasi pemerintah, bisnis akademisi dan komunitas melalui kegiatan workshop, Bootcamp, dan pendampingan intens yang menghasilkan para talen yang berhasil dalam mengkomersialkan desain grafisnya melalui marketplace desain template global, tutup Dikdik.


(TIM/RED).  

Posting Komentar

0 Komentar