Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Daging Ragasa si 'Montok' Tinggal Dibagikan di Bandung, sapi kurban dari Presiden Joko Widodo.


FRN Bandung - Sapi berjenis simental berbobot 1,13 ton itu dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari peternak di Cibiru, Kota Bandung untuk dijadikan hewan kurban. Hari ini, Selasa (18/6/2024), sapi yang diberi nama Ragasa tersebut disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang, Jalan Raya Kopo, Kota Bandung.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Jawa Barat, Drh Supriyanto mengatakan Ragasa yang sudah berusia 5 tahun, dinyatakan sehat dan telah melalui proses seleksi panjang.

"Jadi setiap provinsi itu melakukan seleksi, menyediakan sapi kurban di wilayah masing-masing. Proses seleksi dari teman-teman Kementerian, Provinsi, dan Setpres. Kebetulan tahun ini terpilih dari Kota Bandung, peternak Cibiru. Sapi simental, bobot 1,13 ton, umurnya lima tahun," kata Supriyanto ditemui diRPH Cirangrang.

Ragasa yang bertubuh montok ini merupakan sapi terbaik di Jawa Barat, dari Kota Bandung. Sekitar pukul 09.45 WIB, Ragasa datang dibawa menggunakna mobil pikap. Saat diturunkan dari mobil, ia tampak memberontak. Beruntung para petugas akhirnya bisa menenangkan Ragasa.

Meskipun kakinya tidak begitu panjang, tubuhnya begitu besar, terlihat dua kali lipat dari ukuran sapi-sapi biasanya. Tubuhnya berwarna coklat kemerahan, kepalanya berwarna putih, yang menandakan bahwa ini adalah jenis sapi Simental.

"Sapi lokal di Jabar ini disembelih di Istana Bogor dua ekor, Kebun Raya Bogor seekor, Istana Cipanas dua ekor, dan Masjid Raya Bandung seekor. Setiap wilayah mulanya mengusulkan kurban untuk Pak Jokowi, setelah diperiksa semuanya tes lab, cek kesehatan, dinyatakan layak dan jadi sapi terbaik di wilayah ini," ucapnya.

Tak butuh waktu lama sejak kedatangan Ragasa, sekitar pukul 10.00 WIB sapi itu disembelih. Sekitar enam orang petugas berusaha mengikatnya agar bisa dibaringkan. Untung, Ragasa tak banyak memberontak.

Siang ini, potongan daging sapi itu akan dibagikan ke warga sekitar Masjid Raya Kota Bandung. Ditemui di tempat yang sama, Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Hasyim Asy'ari menyebut bahwa proses pembagian akan berlangsung Selasa (18/6) pukul 14.00 WIB.

"Hari ini dilaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dititipkan ke Masjid Raya Bandung, salah satunya adalah sapi dari titipan Bapak Presiden RI ini yang paling besar. Akan disembelih hari ini dan dagingnya insya Allah akan dibagikan di Masjid Raya Bandung sekitar pukul 14.00 WIB," ucap Ayi, begitu sapaannya.

Setelah daging sapi disembelih, pemotongan dan pembungkusan akan dilakukan di RPH Cirangrang demi menjaga kualitas kesehatan daging sapi mentahnya.

Teknis distribusi, kata Ayi, akan dibagikan terlebih dahulu ke mudhohi (yang berkurban), kemudian untuk jaringan jamaah Masjid Raya Kota Bandung, dan kepada warga sekitar. Cara pembagian agar tetap tertib yakni menggunakan sistem kupon, yang dibagikan sebanyak 1.000 bungkus.

"Termasuk ke warga Bandung Raya yang memang minus hewan kurban, kami bagikan juga ke warga sekitar Masjid. Kalau di tengah Masjidnya kemungkinan kan membludak, jadi kami batasi. Ada 1.000 kupon untuk 1.000 bungkus," ucapnya.

Ayi pun mengucapkan permohonan maaf apabila nantinya antrian membludak dan ada beberapa warga yang tak kebagian daging. "Seandainya ada warga yang tidak dapat, kami mohon maaf karena memang keterbatasan daging ya. Ini ada penurunan, tahun lalu 9 sapi, sekarang hanya 6 sapi," pungkas Ayi.


(Tim/Red).  

Posting Komentar

0 Komentar