Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Semarakkan HUT RI ke-79, Kelurahan Citeureup Gelar Beragam Perlombaan

 

Lurah Citeureup Rusli Sudarmadi (kanan) dan Ketua Forum RW Kelurahan Citeureup sekaligus Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke-79 Asep Setiana (kiri)

FRN CIMAHI, - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara menggelar berbagai perlombaan diantaranya Lomba Tenis Meja, Lomba Gapleh, dan Lomba Karaoke, yang dilaksanakan di Aula kantor Kelurahan Citeureup, Jl. Encep Kartawiria No. 29, Citeureup Cimahi Utara, Jum'at (9/8/2024).

Lurah Citeureup Rusli Sudarmadi mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-79 di tingkat Kelurahan Citeureup.

"Kegiatan malam ini merupakan kegiatan hari kedua atau Minggu kedua tepatnya," ujar Rusli.

Menurut Rusli, antusias warga masyarakat Citeureup untuk ikut meramaikan kegiatan di tingkat kelurahan ini sangat tinggi.

"Banyak keinginan dari masyarakat dari RT dan RW untuk melaksanakan lomba antar RT dan RW," katanya.

Adapun lomba yang dilaksanakan Kelurahan Citeureup ini, diantaranya Lomba Tenis Meja, Lomba Gapleh, dan Lomba Karaoke.

"Alhamdulillah, kalau melihat animo masyarakat Kelurahan Citeureup ini sangat tinggi, maka kita akomodir semuanya," terang Rusli.

Kemudian karena memang ini sifatnya insidental, sambung Rusli, pendanaan yang digunakan untuk kegiatan HUT RI tahun ini, salah satunya dari swadaya masyarakat sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat.

"Kemudian juga ada yang memang diperoleh dari APBD Kota Cimahi," imbuhnya.

Rusli menyebutkan, kegiatan perlombaan ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024.

"Tanggal 24 Agustus ini merupakan hari puncak Kemerdekaan RI di tingkat Kelurahan Citeureup yang akan dilaksanakan di SMK Kesehatan Bhakti Kencana, dan disana nanti semua lomba dan semua pemenang akan diumumkan dan langsung diberikan hadiah," bebernya.

Dijelaskan pula olehnya, untuk perlombaan di tahun ini pihaknya hanya mengadakan 3 jenis perlombaan saja sesuai aspirasi dari masyarakat.

"Karena di Hari Jadi Kota Cimahi yang lalu, kami juga sudah sempat melaksanakan lomba, diantaranya Lomba Kebersihan tingkat kelurahan kemudian juga ada Stand up Komedi," ungkap Rusli.

Dan yang utama dalam lomba tersebut adalah Lomba Kebersihan, kata Rusli,

"Lomba Kebersihan ini juga bukan insidental, karena penilaiannya dari mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni baru diumumkan dan ada beberapa tahapan yang ditempuh," ulasnya.

Maka dari itu, setelah kemarin pihaknya fokus bertanding dalam perlombaan di Hari Jadi Kota Cimahi, saatnya sekarang di Hari Kemerdekaan RI para RT dan RW ingin ada hiburan.

"Hiburan berupa perlombaan, tapi perlombaan yang bisa mengguyubkan warga masyarakat di Kelurahan Citeureup," jelas Rusli kembali.

Rusli berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diinisiasi oleh warga masyarakat Kelurahan Citeureup ini dengan tagline "Citeureup Balad Sadaya" dapat menjadi Do'a.


Gelaran Lomba Tenis Meja (atas) dan Lomba Gapleh (bawah) dalam memeriahkan HUT RI ke-79 tingkat Kelurahan Citeureup

"Do'a itu selain memanjatkan kepada Alloh SWT memanjatkan kepada Yang Maha Pencipta, Do'a bagi kami itu berarti "Dari Kita oleh Kita yang akhirnya untuk Kita juga," tandasnya.

Begitupula diungkapkan oleh Ketua Forum RW Kelurahan Citeureup sekaligus Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke-79 Asep Setiana menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan ini dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-79.

"Kita dari RW bersama pemerintahan Kelurahan Citeureup dan lembaga, berusaha untuk dapat memeriahkan acara HUT RI ini, sehingga diadakanlah beberapa perlombaan," ucap Asep.

Tetapi perlombaan yang kami adakan ini, kata Asep, adalah perlombaan yang bersifat menghibur dan memeriahkan.

"Seperti perlombaan Gapleh, perlombaan Tenis Meja, dan Lomba Karaoke," tuturnya.

Karena perlombaan ini sifatnya hiburan bukan bersifat kejuaraan, maka perlombaan ini diikuti oleh peserta dari warga masyarakat Citeureup dari 113 RT dan 19 RW, semua lembaga juga kelurahan yang berpartisipasi.

"Yang mengikuti perlombaan ini dari RW 1 sampai 19, kemudian dari 113 RT kita libatkan juga bersama LPM dan BKM," terang Asep.

Adapun hadiah dari perlombaan ini, disebutkan Asep hanya berupa hadiah hiburan.

"Hadiah ini berasal dari kami kepanitiaan, kemudian nanti akan ada sumbangan juga dari Pak Lurah dan Pak Kasi secara pribadi, kemudian untuk hadiahnya sendiri masih dirahasiakan, dan ini akan menjadi Surprise di hari Puncak Kemerdekaan RI di tingkat Kelurahan Citeureup nanti," ungkapnya.


(Sinta)

Posting Komentar

0 Komentar