Hot Posts

6/recent/ticker-posts

KPU Cimahi Umumkan Asep Nandang dan Caca Nardiman Memenuhi Syarat Dukungan sebagai Bapaslon Independen


FRN CIMAHI, – Pasangan bakal calon (Bacalon) perseorangan atau independen pada pemilihan wali kota (Pilwalkot) Cimahi, Asep Nandang dan Caca Nardiman, telah dinyatakan memenuhi syarat dukungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. Mereka berhak mengikuti tahapan verifikasi administrasi setelah berhasil mengumpulkan sebanyak 36.036 syarat dukungan dan mengunggahnya ke sistem informasi pencalonan (Silon) KPU.

Sebelumnya, pasangan Asep-Caca dinyatakan tidak memenuhi syarat jumlah dukungan oleh KPU Cimahi karena hanya berhasil mengunggah syarat dukungan hanya 6.000 ke Silon. Namun, berdasarkan SK KPU nomor 75 Tahun 2024 tentang syarat minimal dan sebaran dukungan bakal calon perseorangan dalam Pilkada Cimahi 2024, calon independen harus mengantongi 35.423 dukungan dengan minimal sebaran di dua kecamatan.

Pasangan calon perseorangan ini kemudian mengadukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan membawanya ke sengketa ajudikasi1. Pasalnya, penentuan TMS terjadi karena kendala teknis Silon sulit diakses. Berdasarkan ajudikasi, pasangan ini berhak melakukan unggah ulang syarat dukungan.

Dalam lima hari tahap verifikasi administrasi atau Vermin, KPU akan melakukan penyesuaian dan sinkronisasi data fisik dengan berkas yang diunggah1. Vermin ini akan memeriksa identitas para pendukung benar-benar warga Bandung Barat serta bukan ASN atau TNI-POLRI. Jika dalam verifikasi administrasi ini ditemukan ada pendukung luar daerah atau berprofesi sebagai ASN, pegawai BUMN, aparat desa, atau TNI-POLRI, maka dukungannya akan dicoret.

Pasangan Asep Nandang dan Caca Nardiman telah menunjukkan komitmen kuat untuk berpartisipasi dalam pemilihan ini dan berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Cimahi. Mereka berharap Cimahi lebih bagus, lebih solid, lebih mengerti lagi baik dalam tatanan berpolitik maupun dalam kehidupan sehari-hari.



(Tim/Red).

Posting Komentar

0 Komentar