Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Sebanyak 5 Kepala Keluarga Siap Direlokasi ke Rusunawa Leuwigajah Cimahi


FRN Cimahi.-Sebanyak 11 kepala keluarga (KK ) yang berada dalam satu rumah di RT 02/RW07 Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara, 5 KK siap direlokasi ke Rusunawa Leuwigajah di lantai 5, Kamis (15/8/2024).

Atas kesiapan  5 KK  tersebut, Pemerintah Kota Cimahi yang diprakarsai Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi membantu menempatkan di Rusunawa tersebut secara gratis.

Pihak dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cimahi, dan Dinas Sosial Kota Cimahi memberikan sumbangan beberapa keperluan alat rumah tangga dan makanan instan kepada keluarga tersebut.

Penyerahan sumbangan tersebut digelar di Kantor Kelurahan Citeureup, dengan disaksikan Lurah Citeureup, Rusli Sudarmadi, Ketua Baznas Kota Cimahi, KH Asep Hilman Mubarok, dan perwakilan dari Dinas Sosial Kota Cimahi, Agustus Fajar S.

Ketua Baznas Kota Cimahi, KH Asep menjelaskan , pemberian bantuan tersebut tujuannya adalah untuk membantu umat yang kesusahan,

“Ini bukan maksud kampanye, kami memberikan bantuan tersebut karena menyangkut umat, wajib untuk membantu bagi sesama umat yang membutuhkan bantuan,” jelas Asep.

Baznas sendiri telah membantu  5 KK tersebut berupa karpet 5 buah, kasur juga 5 buah. “Semua untuk pelaratan tidur untuk masing -masing dari KK,” ucapnya.

Begitu pula yang disampaikan  Agustus Fajar S dari pihak Dinas Sosial Kota Cimahi, menjelaskan, sumbangan kepada keluarga yang tidak mampu, merupakan kewajiban semua umat yang mampu.

“Ini merupakan kewajiban kita semua, dan alokasi dari Dinas Sosial memberikan beberapa hal, yang terkait dengan kebutuhan masyarakat,” ucap Agustus.

Dinsos juga telah memberikan bantuan, seperti tempat tidur dan Kasur. Meskipun kasur tidak memadai, tapi cukuplah, untuk kelima keluarga ini, kemudian makanan baik itu yang instan, untuk dewasa maupun anak-anak.

Kemudian, lanjut Agustus, Pihaknya juga telah memberikan beberapa potong pakaian dan selimut,

“Yang jelas, hal yang menjadi pokok kehidupan sehari-hari, kita berikan, dalam rangka untuk berbakti sosial kepada masyarakat, agar bisa menjalankan kehidupannya secara baik,” tandas Agustus.

Lurah Citeureup, Rusli Sudarmadi sangat mengapresiasi atas bantuan dari Pemerintahan Kota Cimahi, Baznas dan Dinas Sosial Kota Cimahi, agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh 5 keluarga yang tidak mampu tersebut.

“Bersama ini kami bersama dinas terkait, untuk merelokasi keluarga yang 5 KK yang ditempatkan oleh bantuan Pembangunan Kota Cimahi, di Rusunawa Leuwigajah,” ujar Rusli.

Ditegaskan Rusli, yang menempati rumah yang di RT 02 dan RW 07 sebagai mana rumor berkembang ada 18 KK.

“Menurut saya itu tidak semuanya betul, tapi setelah dilakukan pengecekan nyatanya yang mengisi rumah tersebut hanya 11 KK saja,” ungkap Rusli.

Hanya secara administrasi, keluarga tersebut tercatat didalam alamat yang sama.

“Kalau personil warganya sendiri, hanya ada 11 KK, dan Alhamdulillah hari ini kita bisa berkomunikasi kepada pihak keluarganya, melalui Pak RT dan Pak RW, 5 KK dari 11 KK, mau direlokasi ke Rusunnawa Leuwigajah,” terang Rusli.

Bahkan ditegaskan pula Rusli, terhadap sisanya dari 11 KK tinggal 6 KK lagi yang tinggal dirumah tersebut, pihak Kelurahan, bekerjasama dengan pihak RT dan RW-nya selalu memantau setiap harinya, agar dapat diberikan kesadaran yang sisanya mau juga direlokasi oleh Pemerintah Kota Cimahi.

“Kita kan tidak bisa memaksakan kepada warga untuk pindah, hanya kami dari pihak pemerintah setempat selalu berusaha untuk menempatkan keluarga tersebut ketempat yang lebih layak lagi,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua RW 07 Kelurahan Citeureup, Dadang Komara. “Sebenarnya keluarga 11 KK tinggal dalam satu rumah, sudah diketahui sejak lama, jaman Ibu Ati Suharti sebagai walikota Cimahi, Alhamdulillah dulu juga mereka dapat bantuan dari beliau,” ujarnya.

Hanya pada jaman walikota Cimahi Ati Suharti, keluarga tersebut belum di relokasi saja.

“Alhamdulillah sekarang mereka dapat direlokasi ke Rusunnawa Leuwigajah,” pungkas Dadang.


(Bagdja)

Posting Komentar

0 Komentar