Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Cimahi Raih Penghargaan Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup


FRN KOTA CIMAHI, ~ Penjabat (Pj.) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, baru-baru ini menerima penghargaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Penghargaan tersebut terdiri dari Trophy Proklim Utama untuk RW 03 Kelurahan Utama dan Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim untuk Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Seremonial penyerahan penghargaan berlangsung pada Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) 2 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat (9/8/2024). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya.

Proklim, atau Program Kampung Iklim, merupakan inisiatif dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perubahan iklim serta mendorong implementasi langkah-langkah mitigasi dan adaptasi di tingkat komunitas.

Program ini berupaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan ketahanan komunitas terhadap dampak perubahan iklim dengan melibatkan pemerintah daerah, masyarakat, dan sektor swasta.

Setelah menerima penghargaan, Dicky Saromi menyampaikan, “Saya sangat bangga menerima penghargaan Pembina Utama Terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024 dan juga penghargaan Proklim Utama untuk RW 03 Kelurahan Utama. Ini adalah bentuk apresiasi terhadap upaya kami dalam meningkatkan kesadaran dan kapasitas masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. Kami berharap penghargaan ini dapat menginspirasi semua pihak. Misalnya, Kelurahan Utama RW 03 berhasil mengelola sampah dengan sangat baik, di mana hanya 10% sampah yang masuk ke TPA dan TPST, sementara sisanya dikelola di tingkat RW".

Dicky menambahkan, “Kami akan terus berupaya tanpa lelah. Tahun ini, 10 kampung yang kami ajukan juga mendapatkan penghargaan dari Program Kampung Iklim 2024".

Dalam acara tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup membagi penghargaan dalam dua kategori nominasi: ProKlim Lestari dan ProKlim Utama. Penilaian dilakukan berdasarkan tiga komponen utama: adaptasi terhadap perubahan iklim, mitigasi perubahan iklim dan kelembagaan masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, yang turut mendampingi Pj. Wali Kota, menjelaskan bahwa sejak keikutsertaan Kota Cimahi dalam Proklim dari tahun 2015 hingga 2023, sebanyak 12 RW telah meraih penghargaan Proklim. Dari 10 RW yang diusulkan, enam RW dikategorikan sebagai Proklim Madya dan empat RW diverifikasi untuk kategori utama. "Alhamdulillah, RW 03 Kelurahan Utama mendapatkan penghargaan kategori Proklim Utama," ungkap Chanifah.



(Sinta).

Posting Komentar

0 Komentar